Pentingnya Surface Preparation

Dari pengalaman di lapangan ada 3 (tiga) parameter yang menentukan terjadinya kegagalan premature pada aplikasi coating yaitu : Pemilihan Coating yang tidak sesuai, persiapan permukaan yang tidak memadai dan aplikasi coating yang tidak benar. Dari ketiga parameter tersebut diatas persiapan permukaan yang sangat dominan  dan hasil survey mengatakan 70-80% kegagalan coating karena persiapan permukaan yang tidak baik.

Surface preparation memegang kata kunci karena pada kegiatan ini kita akan memberikan tingkat kebersihan, tingkat kekasaran permukaan (profil) dan merapikan permukaan dari proses manufaktur sebelumnya seperti sudut-sudut yang tajam. Semua kegiatan di atas memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan Adhesion Strength (Daya Rekat) antara coating material dan benda kerja yang baik, hal ini sangat penting.

Dalam rangka menjamin kualitas, setelah dilakukan aplikasi coating sering dilaksanakan uji adhesion. Berdasarkan ASTM ada beberapa metoda uji yang dapat dilakukan untuk menentukan adhesion strength, tergantung spesifikasi coating yang telah dibangun oleh project owner dan telah disepakati bersama (Project Owner, kontraktor dan paint maker) pada waktu Pre Job  Confrence.

*dari Artikel Coating & Maintenance, Adhesion Strength Checking by Mr.P.Trigan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s